Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 23 Desember 2015

Chapter 5 - Konsep Sistem Informasi

  • Manajemen data dan pemodelan adalah aspek kunci dari pengorganisasian data dan informasi.
Data adalah salah satu sumber daya yang paling berharga bahwa perusahaan memiliki. Hal ini diatur dalam hirarki yang membangun dari elemen terkecil ke terbesar. Elemen terkecil adalah bit, angka biner. Sebuah byte (karakter seperti surat atau digit angka) terdiri dari delapan bit. Sekelompok karakter, seperti nama atau nomor, disebut lapangan (obyek). Koleksi dari bidang terkait adalah rekor; koleksi terkait catatan disebut file. Database, di puncak hirarki, adalah koleksi terpadu catatan dan file.

Suatu entitas adalah kelas umum dari objek yang datanya dikumpulkan, disimpan, dan dipelihara. Atribut adalah karakteristik dari suatu entitas. Nilai-nilai tertentu dari atribut-disebut item-data yang dapat ditemukan di bidang catatan menggambarkan entitas. Kunci data adalah bidang dalam catatan yang digunakan untuk mengidentifikasi catatan. Sebuah kunci primer unik mengidentifikasi catatan, sementara kunci sekunder adalah bidang dalam catatan yang tidak unik mengidentifikasi catatan.

Aplikasi-berkas berorientasi tradisional sering ditandai oleh ketergantungan program data, yang berarti bahwa mereka memiliki Data diselenggarakan dengan cara yang tidak dapat dibaca oleh program lain. Untuk mengatasi masalah data berbasis file tradisional manajemen, pendekatan database dikembangkan. Manfaat dari pendekatan ini termasuk mengurangi redundansi data, meningkatkan konsistensi data dan integritas, modifikasi mudah dan memperbarui, data dan program yang merdeka, standardisasi akses data, dan pengembangan program yang lebih efisien.

Salah satu alat yang perancang database gunakan untuk menunjukkan hubungan antara data adalah model data. Sebuah model data adalah peta atau diagram entitas dan hubungan mereka. Perusahaan pemodelan data melibatkan menganalisis data dan informasi kebutuhan seluruh organisasi. Entitas-hubungan (ER) diagram dapat digunakan untuk menunjukkan hubungan antara entitas dalam organisasi.

Model relasional menempatkan data dalam dua dimensi tabel. Tabel dapat dihubungkan dengan elemen data umum, yang digunakan untuk mengakses data ketika database query. Setiap baris mewakili rekor. Kolom dari tabel disebut atribut, dan nilai-nilai yang diijinkan untuk atribut ini disebut domain. Manipulasi data dasar meliputi memilih, memproyeksikan, dan bergabung. Model relasional lebih mudah untuk mengontrol, lebih fleksibel, dan lebih intuitif daripada model lainnya karena mengatur data dalam tabel. 


  • Sebuah database yang dirancang dengan baik dan dikelola dengan baik adalahalat yang sangat berharga dalam mendukung keputusanpembuatan.
Sebuah DBMS adalah sekelompok program yang digunakan sebagai antarmuka antara database dan pengguna dan program aplikasi lainnya. Ketika sebuah program aplikasi meminta data dari database, mengikuti jalan akses logis. Pengambilan aktual data mengikuti jalur akses fisik. Catatan dapat dipertimbangkan dalam cara yang sama: Sebuah catatan logis adalah apa yang catatan berisi; catatan fisik di mana catatan ini disimpan pada perangkat penyimpanan. Skema yang digunakan untuk menggambarkan seluruh database, jenis rekor, dan hubungan mereka dengan DBMS.

Sebuah DBMS menyediakan empat fungsi dasar: menyediakan pengguna pandangan, menciptakan dan memodifikasi database, menyimpan dan mengambil data, dan memanipulasi data dan menghasilkan laporan. Skema yang dimasukkan ke dalam komputer melalui data definisi bahasa, yang menggambarkan data dan hubungandalam database tertentu. Alat lain yang digunakan dalam database manajemen adalah kamus data, yang berisi rinci deskripsi dari semua data dalam database.


Setelah DBMS telah diinstal, database dapat diakses, dimodifikasi, dan bertanya melalui bahasa manipulasi data. Sebuah lebih khusus bahasa manipulasi data adalah bahasa query, Query makhluk paling umum Terstruktur Language (SQL). SQL digunakan dalam beberapa database yang populer paket hari ini dan dapat diinstal pada PC dan mainframe. DBMS single-user populer termasuk Corel Paradox dan Microsoft Access. IBM, Oracle, dan Microsoft adalah terkemuka vendor DBMS. Database sebagai Layanan (DaaS), atau Database 2.0, merupakan bentuk baru dari layanan database yang klien sewa penggunaan database di situs penyedia layanan. Memilih DBMS dimulai dengan menganalisis informasi kebutuhan organisasi. Karakteristik penting dari database termasuk ukuran database, jumlah pengguna bersamaan, kinerja, kemampuan DBMS untuk diintegrasikan dengan sistem lain, fitur dari DBMS, pertimbangan penjual, dan biaya manajemen database sistem.
  • Jumlah dan jenis aplikasi database akan terus berkembang dan menghasilkan manfaat bisnis yang nyata.
Proses transaksi online tradisional (OLTP) sistem put data ke dalam database yang sangat cepat, andal, dan efisien, tetapi mereka tidak mendukung jenis analisis data yang saat ini bisnis dan organisasi membutuhkan. Untuk mengatasi kebutuhan ini, organisasi sedang membangun gudang data, yang relasional. sistem manajemen database yang dirancang khusus untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen. Data mart adalah subdivisi dari gudang data, yang umumnya dikhususkan untuk tujuan tertentu atau area bisnis fungsional.

Data mining, yang merupakan penemuan otomatis pola dan hubungan dalam data warehouse, yang muncul sebagai praktis Pendekatan untuk menghasilkan hipotesis tentang pola dan anomali dalam data yang dapat digunakan untuk memprediksi masa depan tingkah laku.

Analisis prediktif adalah bentuk data mining yang menggabungkan data historis dengan asumsi tentang kondisi masa depan untuk hasil perkiraan peristiwa seperti penjualan produk masa depan atau probabilitas bahwa pelanggan akan default pada pinjaman. Intelijen bisnis adalah proses mendapatkan cukup informasi yang tepat pada waktu yang tepat dan bentuk yang dapat digunakan dan menganalisanya sehingga dapat memiliki efek positif pada bisnis strategi, taktik, atau operasi. Intelijen kompetitif adalah salah satu aspek intelijen bisnis terbatas pada informasi tentang pesaing dan cara-cara yang mempengaruhi strategi informasi, taktik, dan operasi. Intelijen kompetitif tidak spionase-penggunaan cara ilegal untuk mengumpulkan informasi. Kontra menjelaskan langkah-langkah organisasi diperlukan untuk melindungi informasi yang dicari oleh "bermusuhan" kecerdasan pengumpul.

Dengan peningkatan penggunaan telekomunikasi dan jaringan, database terdistribusi, yang memungkinkan beberapa pengguna dan situs yang berbeda untuk mengakses data yang dapat disimpan dalam berbagai lokasi fisik, yang mulai populer. Untuk mengurangi biaya telekomunikasi, beberapa organisasi build direplikasi database, yang memegang satu set duplikat sering Data yang digunakan.

Database multidimensi dan pengolahan analisis online(OLAP) program yang digunakan untuk menyimpan data dan memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi data dari sejumlah yang berbeda perspektif. Database berorientasi objek menggunakan keseluruhan yang sama pendekatan keberatan berorientasi pemrograman, pertama dibahas dalam Bab 4. Dengan pendekatan ini, baik data dan pengolahan Instruksi disimpan dalam database. Sebuah objectrelational sistem manajemen database (ORDBMS) menyediakansatu set lengkap kemampuan database relasional, ditambah kemampuan untuk pihak ketiga untuk menambah jenis data baru dan operasi ke database.

Jenis data baru bisa audio, video, dan Data grafis yang membutuhkan pengindeksan baru, optimasi, danfitur pencarian.Selain data mentah, organisasi semakin menemukan kebutuhan untuk menyimpan sejumlah besar sinyal visual dan audio dalam cara yang terorganisir. Sejumlah tujuan khusussistem database juga sedang digunakan.
 
CHAPTER 5 : SELF-ASSESSMENT TEST 
1. Sekelompok program yang memanipulasi database dan menyediakan sebuah antarmuka antara database dan pengguna database dan program aplikasi lainnya disebut
a) GUI
b) sistem operasi
c) DBMS
d) perangkat lunak produktivitas
 
2. Database administrator adalah terampil dan terlatih IS profesional yang mengarahkan semua kegiatan yang berkaitan dengan organisasi Database. 
3. redundansi data adalah kualitas yang diinginkan dalam database. Benar atau Salah? Salah 
4. _______________ adalah bidang atau set bidang yang unik mengidentifikasi catatan database.
a) atribut
b) item data
c) kunci
d) kunci utama
 
5. Hubungan entitas diagram menggunakan simbol-simbol grafis dasar menunjukkan organisasi dan hubungan antar data. 
6. Apa database tempat data model dalam dua dimensi tabel?
a) penghubung
b) jaringan
c) dinormalisasi
d) hirarkis
 
7. Join melibatkan menggabungkan dua atau lebih tabel database. 
8. Setelah data telah ditempatkan ke dalam database relasional, pengguna dapat membuat pertanyaan dan menganalisis data. Manipulasi data dasar termasuk memilih, memproyeksikan, dan mengoptimalkan. Benar atau Salah? Salah 
9. Karena DBMS bertanggung jawab untuk menyediakan akses ke Database, salah satu langkah pertama dalam menginstal dan menggunakan Database melibatkan mengatakan DBMS logis dan fisik struktur data dan hubungan antar data di database. Gambaran tentang seluruh database disebut sebuah skema 
10. Perintah yang digunakan untuk mengakses dan melaporkan informasi dari database adalah bagian dari _______________ tersebut.
a) bahasa definisi data
b) bahasa manipulasi data
c) Data normalisasi bahasa
d) skema
 
11. Akses adalah DBMS populer untuk _______________.
a) komputer pribadi
b) workstation grafis
c) komputer mainframe
d) superkomputer
 
12. Sebuah tren baru dalam manajemen database, yang dikenal sebagai database sebagai Layanan, menempatkan tanggung jawab menyimpan dan mengelola database pada penyedia layanan. Benar atau salah? Benar 
13. Data warehouse memegang informasi bisnis dari banyak sumber dalam perusahaan, yang mencakup semua aspek dari perusahaan proses, produk, dan pelanggan. 
14. Sebuah alat informasi-analisis yang melibatkan otomatis Penemuan pola dan hubungan dalam data warehouse disebut
a) data mart
b) data mining
c) analisis prediktif
d) intelijen bisnis
 
15. Predictive analysis memungkinkan pengguna untuk memprediksi masa depan berdasarkan informasi database dari masa lalu dan kini.  
REVIEW QUESTIONS 
1. Apa atribut? Bagaimana cara berhubungan dengan suatu entitas?
Jawab :
Atribut adalah suatu komponen yang ada di dalam data base sang di gunakan untuk memberikan tanda tertentu pada suatu tabel, cara menghubungkan tabel dengan suatu entitas yaitu dengan memberikan kata kerja penghubung atau relationship
 
2. Tentukan database jangka. Bagaimana itu berbeda dari sistem manajemen database?
Jawab : 
Sistem Manajemen Basis-Data (Data Base Management System / DBMS) adalah perangkat lunak sistem yang memungkinkan para pemakai membuat, memelihara, mengontrol, dan meng-akses basis data dengan cara praktis dan efisien 
3. Apa hirarki data dalam database?
Jawab :
Berdasarkan tingkat kompleksitas nilai data, tingkatan data dapat disusun kedalam sebuah hirarki, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling komplek.
a) basis data, merupakan sekumpulan dari bermacam-macam tipe record yang memiliki hubungan antar record.
b) berkas/file, merupakan sekumpulan rekaman data yang berkaitan denngan suatu objek.
c) record , merupakan sekumpulan field / atribut / data item yang saling berhubungan terhadap obyek tertentu
 
4. Apa yang dimaksud dengan file flat?
Jawab :
adalah file sistem operasi yang record dalam filenya tidak berisi informasi tentang struktur file atau hubungan antar record yang dikomunikasikan ke aplikasi yang menggunakannya
 
5. Apa tujuan dari primary key? Bagaimana bisa itu berguna dalam mengontrol redundansi data?
Jawab :
untuk membedakan catatan sehingga mereka dapat diakses, terorganisir, dan dimanipulasi. Sangatlah berguna, karena redudandi adalah kejadian berulangnya data atau kumpulan data yang sama dalam sebuah database.
 
6. Apa tujuan data pembersihan?
Jawab :
untuk mendeteksi dan memperbaiki (atau menghapus) record korup atau tidak akurat dari mengatur catatan, tabel, atau database, yang mengacu pada identifikasi tidak lengkap, tidak benar, tidak tepat, tidak relevan pada bagian data dan kemudian mengganti atau memodifikasi data.
 
7. Apa keuntungan dari pendekatan database?
Jawab :
untuk memecahkan masalah yang melekat dalam pendekatan pengolahan file seperti redundansi data, kurangnya integrasi data, data ketergantungan dan integritas data.
 
8. Apa pemodelan data? Apa tujuannya? Secara singkat menggambarkan tiga model data yang umum digunakan.
Jawab :
Proses menciptakan sebuah model data dengan menerapkan model deskripsi formal data menggunakan teknik pemodelan data.
Fungsinya untuk menentukan dan menganalisis persyaratan data yang diperlukan untuk mendukung proses bisnis suatu organisasi. Untuk mengelola data sebagai sumber daya, integrasi sistem informasi, merancang database / data warehouse (alias repositori data)
 
9. Apa yang dimaksud dengan skema database, dan apa tujuannya?
Jawab :
Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya
 
10. Bagaimana kamus data berguna untuk administrator database dan insinyur perangkat lunak DBMS?
Jawab :
Karena DBMS menyediakan fasilitas kamus data atau katalog sistem yang menjelaskan deskripsi dari field-field data yang terkandung dalam basisdata.
 
11. Mengidentifikasi karakteristik penting dalam memilih database sistem manajemen.
Jawab :
Organisasi data, Hierarki Data, Spreadsheet sebagai Basis Data Sederhana, Flat Files, Field Field kunci, Tabel-tabel yang Berhubungan, Struktur Basis Data,
 
12. Apa perbedaan antara bahasa definisi data (DDL) dan bahasa manipulasi data (DML)?
Jawab :

  • DML (Data Manipulation Language) Perintah yang dapat digunakan untuk memodifikasi isi dari database
  • DDL (Data Definition Language) : Perintah yang dapat digunakan untuk membuat/ menghapus/ mengubah sebuah object database, seperti database, table, index dll 
13. Apa perbedaan antara proyeksi dan bergabung?
Jawab :
Sebuah kondisi join menjelaskan bagaimana catatan dari dua tabel yang terhubung. Kadang-kadang beberapa bidang tabel yang terlibat dalam sebuah tampilan tidak menarik. Set bidang yang digunakan dalam view dapat didefinisikan secara eksplisit (proyeksi).
 
14. Apakah sistem database terdistribusi?
Jawab :
adalah kumpulan data logic yang saling berhubungan secara fisik terdistribusi dalam jaringan komputer, yang tidak tergantung dari program aplikasi sekarang maupun masa yang akan datang
 
15. Apa yang dimaksud dengan data warehouse, dan bagaimana hal itu berbeda dari database tradisional digunakan untuk mendukung OLTP?
Jawab :
adalah suatu sistem komputer untuk mengarsipkan dan menganalisis data historis suatu organisasi seperti data penjualan, gaji, dan informasi lain dari operasi harian.
On-Line Transaction Processing(OLTP) : Merupakan suatu pemrosesan yang menyimpan data mengenai kegiatan operasional transaksi sehari-hari.
 
16. Apa yang dimaksud dengan "front end" dan "back end" dari DBMS?
Jawab :

  • Front-End Developer 
Programmer yang lebih fokus pada tampilan luarnya (layout), jika kalian melihat web-web yang bagus layout/tampilanya itu biasanya dibuat oleh para front-end web developer untuk itu mereka harus bisa memahami beberapa bahasa programming diantaranya HTML, CSS, Javascript dan Jquery.
  • Back-End Developer 
Programmer yang lebih fokus pada fungsi-fungsi dari website tersebut, misalnya membuat form registrasi, pembayaran dan lain sebagainya, karena itu mereka harus bisa memahami beberapa bahasa programming juga diantaranya php, sql, java dan lain sebagainya. 
17. Apa data mining? Apa OLAP? Bagaimana mereka berbeda?
Jawab :

  • OLAP : Merupakan suatu pemrosesan database yang menggunakan tabel fakta dan dimensi untuk dapat menampilkan berbagai macam bentuk laporan, analisis, query dari data yang berukuran besar.
  • Data mining : Data Mining adalah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara manual.

Perbedaan :  
  • OLAP : fast, analysis, shared, multidimensional, information. 
  • Data Mining : Cleaning, selection, transformation, knowledge discovery, Pattern evolution, Knowledge presentation. 
18. Apakah yang dimaksud dengan ORDBMS? Apa jenis data dapat itu menangani?
Jawab :
adalah sebuah model DBMS yang dikembangkan Oracle yang masih mengikuti model database relasional namun memiliki kelebihan dalam hal dukungan fitur yang disediakan di dalamnya. Jenis data : Oracle 8 hingga 10g,
 
19. Apa intelijen bisnis? Bagaimana digunakan?
Jawab :
Inteligensi Bisnis (IB) adalah sekumpulan teknik dan alat untuk mentransformasi dari data mentah menjadi informasi yang berguna dan bermakna untuk tujuan analisis bisnis.
IB dapat digunakan untuk mendukung sejumlah besar keputusan bisnis mulai dari operasi sampai strategis. Keputusan operasi termasuk penempatan dan harga produk. Keputusan strategis termasuk prioritas, tujuan dan arah pada tingkat yang lebih luas.
 
20. Dalam keadaan apa mungkin database administrator pertimbangkan menggunakan database berorientasi objek?
Jawab :
Object Oriented biasanya dengan penggambaran dalam bentuk model. Model abstrak (semu) merupakan gambaran detail dari inti masalah yang ada, umumnya sama seperti refleksi dari problem yang ada pada kenyataan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar