Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 23 Desember 2015

Chapter 4 - Konsep Sistem Informasi

  • Sistem dan perangkat lunak aplikasi sangat penting dalam membantu individu dan organisasi mencapai tujuan mereka.
 Dua kategori utama dari perangkat lunak adalah sistem perangkat lunak dan perangkat lunak aplikasi. Sistem software adalah kumpulan program yang berinteraksi antara hardware dan software aplikasi, dan termasuk operasi sistem, program utilitas, dan middleware.
 Sebuah sistem operasi (OS) adalah seperangkat program komputer yang mengontrol perangkat keras komputer untuk mendukung pengguna ' kebutuhan komputasi. OS mengkonversi instruksi dari aplikasi ke satu set instruksi yang dibutuhkan oleh perangkat keras. Peran perantara ini memungkinkan kemerdekaan hardware. OS juga mengelola memori, yang melibatkan penyimpanan pengendali akses dan penggunaan dengan mengubah permintaan logis ke fisik lokasi dan dengan menempatkan data dalam ruang penyimpanan terbaik, termasuk memori virtual
 
OS juga menyediakan antarmuka pengguna, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan perintah komputer. Sebuah berbasis perintah antarmuka pengguna memerlukan teks perintah untuk mengirim pesan; antarmuka pengguna grafis (GUI), seperti Windows, menggunakan ikon dan menu. Aplikasi perangkat lunak menggunakan OS dengan layanan meminta melalui aplikasi didefinisikan antarmuka program (API). Programmer dapat menggunakan API untuk membuat perangkat lunak aplikasi tanpa harus memahami inner OS.
 Windows yang lebih tua OS adalah GUI digunakan dengan DOS. Versi yang lebih baru, seperti Windows Vista dan XP, yang OS yang berfungsi penuh yang tidak perlu DOS. Komputer Apple menggunakan proprietary OS tersebut sebagai Mac OS dan Mac OS X. UNIX adalah OS yang kuat yang bisa digunakan pada banyak jenis sistem komputer dan platform, dari komputer pribadi ke sistem mainframe. UNIX membuatnya mudah untuk memindahkan program dan data antar komputer atau menghubungkan mainframe dan komputer pribadi untuk berbagi sumber. Beberapa variasi Linux tersedia, dengan set kemampuan dan aplikasi untuk membentuk OS lengkap, misalnya, Red Hat Linux. z / OS dan HP-UX adalah OS untuk komputer mainframe. Beberapa OS, seperti Palm OS, Windows Mobile, Windows Embedded, Pocket PC, dan variasi Linux, telah dikembangkan untuk mendukung ponsel komunikasi dan peralatan konsumen.

  • Organisasi harus tidak berkembang aplikasi proprietary software kecuali hal tersebut akan memenuhi menarik kebutuhan bisnis yang dapat memberikan kompetitif keuntungan.
Pengguna perangkat lunak, atau perangkat lunak produktivitas pribadi, termasuk program tujuan umum yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan mereka efektivitas pribadi, meningkatkan kualitas dan jumlah pekerjaan yang dapat dilakukan. Software yang membantu kelompok bekerja bersama-sama sering disebut workgroup perangkat lunak aplikasi, dan termasuk perangkat lunak penjadwalan kelompok, surat elektronik, dan perangkat lunak lain yang memungkinkan orang untuk berbagi ide. Perusahaan software yang menguntungkan seluruh organisasi juga dapat dikembangkan atau dibeli. Banyak organisasi yang beralih ke software enterprise resource planning, satu set terpadu program yang mengelola operasi bisnis perusahaan penting untuk seluruh multisite, organisasi global. Tiga pendekatan untuk aplikasi perangkat lunak berkembang untuk membangun perangkat lunak aplikasi proprietary, membeli program yang ada dari rak, atau menggunakan kombinasi disesuaikan dan off-the-shelf software aplikasi.
 Membangun perangkat lunak berpemilik (in-house atau kontrak) memiliki keuntungan sebagai berikut: Organisasi akan mendapatkan perangkat lunak yang lebih erat sesuai kebutuhannya, dengan terlibat dengan pengembangan, organisasi memiliki kontrol lebih lanjut atas hasil, danorganisasi memiliki fleksibilitas yang lebih dalam membuat perubahan. Itu kerugian meliputi: Hal ini mungkin memakan waktu lebih lama dan biaya lebih untuk mengembangkan, staf di-rumah akan sulit ditekan untuk memberikan dukungan yang berkelanjutan dan pemeliharaan, dan ada risiko besar bahwa fitur software tidak akan bekerja seperti yang diharapkan atau yang masalah kinerja lainnya akan terjadi.
 Sebuah penyedia layanan aplikasi (ASP) adalah perusahaan yang dapat menyediakan perangkat lunak, dukungan, dan perangkat keras komputer di yang menjalankan perangkat lunak dari fasilitas pengguna atas jaringan. ASP menyesuaikan software off-the-rak kontrak dan kecepatan penyebaran aplikasi baru sambil membantu IS manajer menghindari sakit kepala implementasi. Penggunaan ASP mengurangi kebutuhan bagi banyak ahli IS anggota staf dan juga menurunkan biaya start-up proyek. Software sebagai sebuah layanan (SaaS) memungkinkan perusahaan untuk berlangganan bisnis Web-disampaikan aplikasi perangkat lunak dengan membayar biaya layanan bulananatau biaya per-gunakan.
 
Meskipun ratusan aplikasi komputer dapat membantu orang di sekolah, rumah, dan bekerja, aplikasi utama adalah pengolah kata, analisis spreadsheet, database, grafis, dan layanan online. Sebuah software suite, SmartSuite seperti, WordPerfect, StarOffice, atau Office, menawarkan koleksi yang kuat program.

  • Organisasi harus memilih bahasa pemrograman yang karakteristik fungsional sesuai untuk tugas di tangan, mengingat keterampilan dan Pengalaman dari staf pemrograman.
Semua program perangkat lunak yang ditulis dalam pengkodean skema yang disebut bahasa, yang menyediakan petunjuk untuk pemrograman komputer untuk melakukan beberapa aktivitas pengolahan. beberapaKelas bahasa pemrograman meliputi mesin, perakitan, tingkat tinggi, permintaan dan basis data, berorientasi objek, dan bahasa pemrograman visual. Bahasa pemrograman telah berubah sejak awal mereka pembangunan di awal 1950-an. Pada generasi pertama, komputer yang diprogram dalam bahasa mesin, danGenerasi kedua dari bahasa yang digunakan bahasa assembly.
 Generasi ketiga terdiri dari banyak pemrograman tingkat tinggibahasa yang menggunakan laporan Inggris-seperti dan perintah. Mereka juga harus dikonversi ke bahasa mesin oleh software khusus yang disebut kompilator, dan termasuk BASIC, COBOL, FORTRAN, dan lain-lain. Bahasa generasi keempat termasuk database dan permintaan bahasa seperti SQL.
 Bahasa pemrograman generasi kelima menggabungkan rulesbased generasi kode, manajemen komponen, pemrograman visual teknik, manajemen reuse, dan lainnya kemajuan. Visual dan berorientasi objek bahasa-pemrograman seperti Smalltalk, C ++, dan kelompok Jawa-penggunaan
Data terkait, petunjuk, dan prosedur yang disebut objek, yang berfungsi sebagai modul dapat digunakan kembali dalam berbagai program.
  • Industri perangkat lunak terus menjalani konstan perubahan; pengguna harus menyadari tren terbaru dan masalah untuk menjadi efektif dalam bisnis mereka dan pribadi kehidupan.
Software bug, lisensi perangkat lunak dan copyrighting, opensource software, shareware dan freeware, multiorganizational pengembangan perangkat lunak, upgrade perangkat lunak, dan global
dukungan perangkat lunak semua masalah perangkat lunak penting. Sebuah bug perangkat lunak adalah cacat dalam program komputer yang terus dari melakukan dengan cara yang dimaksudkan. Perangkat lunak bug yang umum, bahkan di bagian kunci dari bisnis software.


Perangkat lunak open source adalah perangkat lunak yang tersedia secara bebas kepada siapa pun dalam bentuk yang dapat dengan mudah dimodifikasi. Open-source pengembangan perangkat lunak dan pemeliharaan kolaboratif proses, dengan pengembang di seluruh dunia menggunakan internet untuk tetap berhubungan dekat melalui e-mail dan untuk men-download dan menyerahkan software baru. Shareware dan freeware dapat mengurangi biaya perangkat lunak, tapi kadang-kadang mereka mungkin tidak sekuat perangkat lunak komersial.
 Pengembangan perangkat lunak Multiorganizational adalah proses memperluas pengembangan perangkat lunak luar satu organisasi dengan mencari orang lain yang berbagi masalah bisnis yang sama dan melibatkan mereka dalam upaya pembangunan umum. Upgrade perangkat lunak merupakan sumber penting dari peningkatan pendapatan bagi produsen perangkat lunak dan dapat memberikan berguna fungsionalitas baru dan peningkatan kualitas bagi pengguna perangkat lunak.
CHAPTER 4: SELF-ASSESSMENT TEST 
1. Manakah dari berikut ini adalah contoh dari perintah-drivensistem operasi?
a) Windows XP
b) macan tutul
c) MS-DOS
d) Windows Vista
 
2. Aplikasi perangkat lunak seperti Microsoft Office Excelmemanipulasi perangkat keras komputer secara langsung. benar atauSalah? Salah 
3. Hari ini operasi dukungan sistem multitasking,kemampuan untuk menjalankan beberapa proses yang tampaknya secara bersamaan. 
4. File manager komponen OS mengontrol bagaimanamemori diakses dan memaksimalkan memori yang tersedia danpenyimpanan. Benar atau salah? Salah 
5. Fungsi utama dari perangkat lunak sistem adalah untuk menerapkankekuatan komputer untuk memberikan orang, kelompok kerja, danseluruh perusahaan kemampuan untuk memecahkan masalah dan melakukantugas-tugas tertentu. Benar atau salah? Salah 
6. Software yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan efektivitas pribadi mereka,meningkatkan jumlah pekerjaan yang bisa mereka lakukan dankualitas, disebut
a) software produktivitas pribadi
b) perangkat lunak sistem operasi
c) software utilitas
d) perangkat lunak grafis
 
7. Optimasi dapat ditemukan di mana jenis aplikasiperangkat lunak?
a) spreadsheet
b) program pengolah kata
c) program database
d) program grafis presentasi
 
8. Software yang digunakan untuk memecahkan masalah yang unik atau khusus yangbiasanya dibangun di rumah tetapi juga dapat dibeli dariluar perusahaan disebut software proprietary 
9. Sebuah program untuk mendeteksi dan menghilangkan virus adalah contoh dariapa jenis perangkat lunak?
a) software produktivitas pribadi
b) perangkat lunak sistem operasi
c) software utilitas
d) software aplikasi

10. Kebanyakan perangkat lunak yang dibeli untuk berjalan pada komputer pribadimenggunakan lisensi
a) situs
b) bersamaan pengguna
c) multiuser
d) single-user
 
11. Sebuah kelas perangkat lunak aplikasi yang membantu kelompok bekerjabersama-sama dan berkolaborasi disebut aplikasi workgroupsoftware 
12. Setiap bahasa pemrograman telah menetapkan sendiri aturan, disebut yang sintaks bahasa. 
13. Sebuah program software khusus yang disebut juru melakukan konversi dari kode sumber programmer ke dalaminstruksi mesin-bahasa yang terdiri dari angka biner,dan menghasilkan program bahasa mesin. Benar atau salah? Salah


REVIEW QUESTIONS
 
1. Apa perbedaan antara sistem dan aplikasi perangkat lunak? Berikan empat contoh produktivitas pribadi perangkat lunak.
Jawab :
Sistem adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.
Contoh :
1.Perangkat Lunak Perusahaan (Firmware)
2.Sistem Operasi(OS)
3.Bahasa pemrograman
4.Perangkat lunak Aplikasi
 
2. Langkah apa yang bisa pengguna lakukan untuk memperbaiki bug perangkat lunak?
Jawab :
Ketahui permasalahannya dan identifikasi dimana letak kesalahannya 
 
3. Mengidentifikasi dan membahas secara singkat dua jenis antarmuka pengguna disediakan oleh sistem operasi.
Jawab:

  • Command Line Interface(CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.
  • Graphical User Interface(GUI)
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atautrack ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
 
4. Apa yang dimaksud dengan software suite? Berikan beberapa contoh.
Jawab :
Software Suite adalah kumpulan beberapa program yang dikemas menjadi satu. Beberapa contoh yang terkenal adalah microsoft Office, Lotus SmartSuite, serta StarOffice. 
 
5. Nama empat sistem operasi yang mendukung pribadi, workgroup, dan perusahaan lingkungan yang berpengaruh.
Jawab :
a) Personal Application Software :
· Word processing
· Spreadsheet
· Database
· Graphics
b) Enterprise Application Software :
· Accounts receivable
· Accounts payable
· Airline industry operations
· Automatic teller systems
 
6. Apa yang dimaksud dengan arsitektur berorientasi layanan (SOA)?
Jawab :
SOA (service oriented architecture, arsitektur berorientasi layanan) adalah suatu gaya arsitektur sistem yang membuat dan menggunakan proses bisnis dalam bentuk paket layanan sepanjang siklus hidupnya. SOA juga mendefinisikan dan menentukan arsitektur teknologi informasi (TI) yang dapat menunjang berbagai aplikasi untuk saling bertukar data dan berpartisipasi dalam proses bisnis. 
 
7. Apa yang multitasking?
Jawab :
Multitasking adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacukepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumber daya CPU yang sama. Contoh sistem operasi jenis ini antara lain adalah linux.
 
8. Tentukan perangkat lunak utilitas jangka dan memberikan dua contoh.
Jawab :
Utility/Utilitas adalah kegunaan.
Perangkat lunak utilitas merupakan perangkat lunak komputer yang didisain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem.
Jenis-jenis program utilitas terbagi atas 2 yaitu:
1. Program Utilitas Internal (bawaan)
2. Program Utilitas Eksternal (bukan bawaan)
 
9. Mengidentifikasi dua sumber utama untuk memperoleh aplikasi perangkat lunak.
Jawab :
a) Sebuah perusahaan dapat mengembangkan salah satu dari program sejenis untuk aplikasi tertentu disebut software proprietary.
b) Software proprietary tidak dalam domain publik. Perusahaan juga dapat membeli atau memperoleh program perangkat lunak yang ada disebut off-the-shelf.
 
10. Apakah yang dimaksud dengan penyedia layanan aplikasi? Masalah apa yang timbul dalam mempertimbangkan penggunaan ASP?
Jawab :
Penyedia layanan aplikasi (bahasa Inggris: application service provider, ASP) adalah suatu bisnis yang menyediakan layanan berbasis komputer untuk pelanggan melalui suatujaringan. Perangkat lunak yang disediakan dengan model ini sering juga disebut dengan perangkat lunak on-demand atau SaaS (software as a service)
 
11. Apa adalah perangkat lunak open source? Apa sandungan terbesar memblokir dengan penggunaan perangkat lunak open source?
Jawab :
Perangkat lunak sumber terbuka (Inggris: open source software) adalah jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan. Karena sifat ini, umumnya pengembangannya dilakukan oleh satu paguyuban terbuka yang bertujuan mengembangkan perangkat lunak bersangkutan.
Masalahnya:

  • Interfacenya yang jelek bisa dilihat tidak ada disain dari layout interface itu sendiri.
  • Terkadang ada beberapa struktuk kode open source yang tidak kita kenal seperti di software lain, sehingga ada beberapa masyarakat berkata “lebih baik membayar daripada harus menanggung resiko”.
  • Kurang update atau versinya tidak bisa diupgrade dan terkadang banyak bug-nya.
12. Apa singkatan API berdiri? Apa peran API?
Jawab:
Singkatan dari API adalah application program interface
Peranan : API digunakan untuk membuat aplikasi oleh seorang programmer tanpa harus memahami inner OS.

13. Secara singkat membahas keuntungan dan kerugian dari sering upgrade perangkat lunak.
Jawab:
keuntungan sering upgrade perangkat lunak adalah kita dapat memperbaharui perangkat lunak yang didalamnya terdapat aplikasi baru dan kerugian dari sering upgrade perangkat lunak adalah kemungkinan terjadinya eror.
 
14. Jelaskan perusahaan jangka sumber daya perencanaan (ERP) sistem. Fungsi apa sistem tersebut melakukan?
Jawab:
Perencanaan sumber daya perusahaan, atau sering disingkat ERP dari istilah bahasa Inggrisnya, enterprise resource planning, adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupundistribusi di perusahaan bersangkutan.
Fungsi ERP untuk mengontrol aktivitas bisnis, mulai dari produksi, manajemen kualitas, manajemen persediaan, pengiriman, penjualan hingga sumber daya manusia.
 
15. Apa freeware? Berikan dua contoh.
Jawab:
Pengertian Freeware adalah suatu software atau aplikasi yang dapat digunakan oleh semua orang/pengguna tanpa membayar. dari namanya yang mengandung kata free dari bahasa inggris atau gratis, pasti kita akan berpikiran berpikiran freeware adalah aplikasi gratis. contoh software/aplikasi yang menggunakan license Freeware : PhotoScape,Winamp, Line

1 komentar:

  1. Citizen Titanium | Casino: Roulette, Cards, Dice
    Citizen Titanium titanium watch is a new spin on the Roulette titanium piercing jewelry wheel, and it's titanium automatic watch all new. titanium engagement rings for her A classic table game that is designed to create a feeling of true gaming. samsung watch 3 titanium

    BalasHapus